6 Ide Open Rencana Merubah Rumah jadi Terlihat Lebih Lega

Ide ruang tamu sudut Bourke House by Kreis Grennan Architecture (Sumber: designtrends.com)

Jangan sedih bila tempat tinggal Kamu memiliki ukuran kecil. Masalahnya mempunyai rumah mungil bukan akhir dari semuanya. Walau memiliki ukuran kecil, masih mungkin untuk bikin beberapa ruangan di dalamnya tak perlu membuat kesan-kesan “padat”. Bagaimana triknya? Diantaranya dengan mengangkat ide open rencana. Open rencana ialah ide pengaturan antar ruangan yang dibikin terbuka atau tanpa ada sekat pemisah. Bila juga mempunyai pemisah, umumnya berbentuk transparan serta fleksibel.

Dengan ide tersebutlah, beberapa pemilik tempat tinggal mungil seakan-akan mempunyai tempat tinggal yang lega serta luas. Tersebut 6 ide hiasan dinding dengan ide open rencana.

Dipisah Oleh Partisi Fleksibel 

Berdiri di atas tempat memiliki ukuran 80 m2, rumah yang ada di lokasi Lembang, Bandung ini masuk ke jejeran tempat tinggal dengan tempat mungil. Arsitek sekaligus juga pemilik rumah ini membuat tempat tinggal minimalisnya untuk sampai peranan yang optimal. Satu diantara triknya dengan ide open rencana di kamar penting.

Pada sebuah ruang ada dua peranan yaitu jadi kamar serta ruangan melihat TV. Di tengahnya ruang ada partisi kayu yang bisa dibuka tutup. Waktu dibuka, ruangan seakan menyatu serta terbentuk ide open rencana. Saat memerlukan privacy, cukup merubah partisi untuk menutupnya.

Open Rencana di Apartemen 

Tinggal di apartemen jadi pilihan beberapa pasangan muda. Tidak seperti tinggal di dalam rumah landed, apartemen sebaiknya diatur lebih singkat sebab luas yang hanya terbatas. Ide layout atau penataan ruangan apartemen di atas bisa jadi ide Kamu. Apartemen ini dibikin terbuka. Dari pintu masuk, Kamu akan langsung menjumpai panorama 3 ruangan sekaligus juga yaitu ruangan makan, dapur, serta ruangan keluarga.

Untuk memperbedakan peranan antar ruangan tidak selama-lamanya memakai partisi. Apartemen ini memakai langkah yang lebih smooth yakni dengan pemakaian furniture lampu gantung yang berlainan. Otomatis, profile lampu yang berlainan berikut sebagai pembeda peranan antar ruangan.

Open Rencana di Rumah Lebar 3,5 mtr. 

Harga tanah di Jakarta benar-benar mahal. Ditambah lagi jika ada di tempat yang strategis seperti Jakarta Selatan. Project rumah di atas misalnya. Ada di daerah Haji Nawi, rumah ini cuma mempunyai lebar 3,5 mtr.. Apa yang dapat dibuat di tempat tinggal dengan lebar demikian? Abimantra jadi arsitek serta pemilik rumah telah pikirkan matang-matang bagaimana rumah dengan ukuran itu bisa menyimpan semua keperluan keluarga.

Tempat tinggal ini dibikin tiga lantai dengan setiap lantainya memiliki konsep open rencana. Photo di atas ialah contoh open rencana di lantai dua. Ruangan tamu yang merangkap sebagai ruangan keluarga, lalu ruangan makan serta dapur dibikin menyatu. Khasnya, meja di ruangan keluarga bisa berperan jadi meja, area untuk menyimpan, bahkan juga “lantai” yang jadi akses jalan ke arah ke ruangan makan.

Dipisah Dengan Furniture 

Contoh lain dari aplikasi ide open rencana. Ruangan keluarga, ruangan makan, serta meja belajar ada pada sebuah ruangan. Jadi pemisahnya, pemilik rumah tidak memakai sekat masif, tetapi cukup dengan dua buah bangku saja. Lalu, hadirnya karpet serta hiasan dinding besar di ruangan keluarga ikut bertindak dalam memperbedakan peranan antara ruang-ruang itu.

Open Rencana Bertopik Industrial 

Style industrial pada ide rumah open rencana menarik untuk dilihat. Dinding dari bata merah yang tidak di-finish, material kayu pada banyak furniture, dan terdapatnya plat besi hitam di ruang tangga. Style industrial yang berkesan “berat” terlihat “ringan” waktu digabungkan dengan ide open rencana. Karena setiap ruangan tampil terbuka serta cuma dibatasi oleh tangga tanpa ada railing.

Rumah Jelas Karena Open Rencana 

Ide open rencana tidak cuma membuat rumah terlihat lebih luas, dan juga lebih jelas serta berasa sejuk sebab pikirkan unsur pencahayaan serta pengudaraan. Ini jadi basic pikirkan sebab mengingat ukuran tempat tinggal yang mungil. Untuk itu, kita akan biasa temukan terdapatnya jendela atau pintu kaca di dalam rumah yang memiliki konsep open rencana, seperti ide di atas. Terlihat salah bagian dinding memakai pintu kaca geser di ruangan makan yang menyatu dengan ruangan keluarga.

0 komentar:

Posting Komentar